Kamis, 11 Juni 2009

Kegunaan internet

Kegunaan Internet

Banyak kegunaan yang menguntungkan yang dapat diperolehi dari penggunaan internet dalam semua bidang. Antara lain kegunaan internet adalah:

§ Sebagai informasi yang boleh diperolehi dengan lebih cepat dan murah melalui aplikasi internet seperti e-mail,www (homepages), newsgroup dan sebagainya.

§ Mengurangi biaya kertas dan pemasaran (paperless environment)

§ Sebagai media penting dalam bidang pengiklanan dan mempromosi sesuatu produk atau barangan.

§ Sebagai komunikasi interaktif

§ Sebagai alat untuk R & D (Pusat Pembangunan dan Penyelidikan)

§ Sebagai unit dalam pertukaran data (informasi)

Selain itu, penggunaan internet juga dapat meningkatkan kemahiran dalam penggunaan komputer sekaligus memanfaatkan penggunaan media telekomunikasi yang terpenting pada abad ini.

Adapun uraian dari kegunaan internet tersebut adalah sebagai berikut:

§ Kemampuan grafik internet memungkinkan kita untuk memperlihatkan jenis produk yang ada dan mendeskripsikan pelayan yang anda berikan secara dinamik dan dalam format yang interaktif. Anda juga dapat membuat brosur berwarna dan menyebarkannya tanpa dibebani ongkos cetakan.

§ Halaman Web akan membantu dalam bidang perusahaan. Hanya dengan pelaburan yang relatif kecil, produk anda mampu tersebar luas di dalam pasaran global. Walaupun usaha anda hanya sebuah bisnes berskala lokal atau kecil, anda mampu bersaing di peringkat antarbangsa.

§ Terdapat banyak perusahaan yang menggunakan internet untuk berhubung dengan pelanggan dan berkomunikasi tentang perusahaan. Ketika anda berhubung melalui internet dengan ISP (Internet Service Provider) anda boleh menggunakan internet selama beberapa jam dan mengirimkan seluruh e-mail tanpa ongkos tambahan.

§ Pelanggan selalu ingin tahu apakah mereka dapat memperoleh jawaban mengenai pertanyaan dan keluhan-keluhan mereka tanpa kehilangan banyak waktu dengan menggunakan telefon. Internet adalah pilihan tepat. Mengapa? Karena internet merupakan suatu pilihan yang memudahkan, bagi mereka yang tidak suka dengan sistem voice-mail, untuk menggunakan format online dan atau e-mail.

§ Tidak pernah sebelumnya seluruh masyarakat dunia dapat berhubungan dengan mudah antara satu dengan yang lain dalam mencari dan bertukar informasi maupun ide sebelum wujudnya internet. Melalui newsgroups, mailing list dan e-mail, hanya dapat menghubungkan anda dengan halaman-halaman web yang anda inginkan dengan cepat dan mudah.

§ Internet merupakan sumber yang luas yang memungkinkan untuk menemukan vendor atau layanan peribadi untuk memenuhi keperluan perniagaan. Anda tidak perlu ke perpustakaan untuk mencari sumber-sumber rujukan. Terdapat banyak industri kini telah memiliki halaman web sendiri tempat anda untuk mencari informasi. Anda dengan mudah dapat mencapai informasi yang anda peroleh tanpa harus menggunakan telefon.

§ Internet merupakan jaringan raksasa yang melintasi batas negara dan politik. Hanya melalui internet, tak peduli anda berada di mana, anda dapat berhubung ke seluruh dunia.

1 komentar: