Kamis, 11 Juni 2009

Proses Kerja internet

Proses Kerja Internet

Seperti yang ada pada bagian sejarah Internet, setelah Internet dikomersialkan, tugas utama yang harus dikerjakan adalah membangun Jaringan Backbone (tulang punggung), dimana jaringan ini mencakup seluruh dunia.

Gambar Jaringan Backbone Dunia

Konsep ini membuat bentuk jaringan dunia ini sangat kompleks untuk digambarkan, karena dari setiap titik-titik dimana jaringan backbone ada yang jumlahnya ribuan dan memiliki kecepatan transmisi data yang berbeda-beda ke titik-titik yang lain. Kebanyakan antar titik-titik backbone ini terkoneksi melalui jaringan satelit.

Gambaran sebuah jaringan Internet

Karena kompleksnya jaringan ini, bila digambarkan secara kasar akan terlihat seperti jaring sarang laba-laba. Hal inilah yang menyebabkan Internet banyak disebut-sebut sebagai jaringan web.

§ Jaringan IAP (Internet Access Provider)

Dari jaringan backbone dunia, titik-titik akhir backbone ini akan menyediakan layanan bagi jaringan Internet kepada jaringan yang lebih kecil di bawahnya. Titik-titik ini disebut IAP (Internet Access Provider). IAP memberikan dan menyediakan layanan akses Internet untuk banyak jaringan ISP (Internet Service Provider). Koneksi antara ISP-ISP ke IAP-nya kebanyakan menggunakan komunikasi satelit dan komunikasi serat optik.

§ Jaringan ISP (Internet Service Provider)

Seperti yang dapat dikenali dari namanya, jaringan ISP (Internet Service Provider) adalah jaringan yang memberikan service atau layanan langsung kepada pengguna Internet sehingga bisa terkoneksi ke dalam jaringan Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar